Ciri-ciri Ayam Birma Yang Asli Dan Super

0 Comment

Dalam dunia permainan sabung ayam dikenal beberapa jenis ayam aduan yang memiliki kualitas tarung terbaik dan sering mendapatkan kemenangan. Salah satu diantaranya adalah jenis ayam birma yang asli dan super yang bukan hanya memiliki postur badan kokoh namun guna memiliki stamina dan teknik bertarung yang layak mendapat acungan jempol. Ciri khas dari ayam birma adalah memiliki gaya serangan secara mendadak dengan pukulan yang sangat keras.

Dengan demikian lawan akan menjadi kebingungan sehingga ayam birma itu sendiri bakal semakin mudah dalam melayangkan pukulan demi pukulan yang mematikannya.

Ciri-ciri Ayam Birma Yang Asli dan Super

Ayam aduan yang juga dikenal sebagai ayam Burma ini berasal dari negara Myanmar dan saat ini sudah banyak dikembangbiakkan di Indonesia sehingga untuk mendapatkannya tidak perlu repot harus pergi ke negara asalnya. Karena ayam birma memiliki kualitas bertarung yang super, tentu untuk harganya sendiri juga berbeda dengan ayam aduan biasa.

Agar nantinya tidak salah dalam membeli, diperlukan wawasan mendalam untuk mengenali ayam birma asli dan benar- benar memiliki kualitas bertarung yang hebat. Hal itu karena saat ini juga banyak dijumpai ayam birma palsu yakni ayam birma yang sudah disilangkan dengan jenis ayam aduan yang lain.

Cara Mudah Mengenali Ayam Birma Yang Asli Dan Super

  1. Bentuk dan postur tubuh dari ayam birma umumnya cenderung lebih mungil dan berbobot dibandingkan jenis ayam aduan yang lain. Sementara untuk berat badan dari ayam birma ini sekitar 2kg hingga 2,5kg.
  2. Bentuk dari wajah ayam birma nampak lebih tajam dengan ukuran paruhnya yang pendek dan memiliki garis. Selain itu yang membedakan ayam birma dengan jenis ayam aduan lainnya juga dari ukuran telinga yang cenderung lebih lebar. Ada juga beberapa ayam birma yang memiliki sedikit jeggot tipis pada bagian bawah paruh.
  3. Bentuk sepasang mata ayam birma apabila diperkatikan dengan seksama, akan terlihat lebih cembung dengan ukuran bola mata yang lebih besar seperti tengah melotot. Jenis mata seperti inilah yang membuat ayam birma sekilas nampak lebih gahar dan menakutkan dibandingkan dengan jenis ayam aduan yang lain.
  4. Bentuk kaki dari ayam birma justru lebih kecil dan juga lebih tipis dibandingkan ayam bangkok atau jenis ayam aduan lainnya. Pertumbuhan dari tulang ayam birma untuk mencapai tahap sempurna dibutuhkan waktu sekitar 12 hingga 15 bulan. Bentuk kaki inilah yang menjadi salah satu kelemahan dari ayam birma.
  5. Bentuk cengger dari ayam birma akan terlihat seperti bantam ular dengan posisi tengak serta memiliki belahan tengah. Sementara pada umumnya, jengger kecil menunjukkan bahwa ayam aduan tersebut memiliki kecepatan serta kelincahan dalam geraknya baik saat menyerang atau bertahan.
  6. Bentuk telinga ayam birma dapat digunakan untuk mengetahui kualitas bertarungnya dimana ayam birma yang asli memiliki telinga berwarna putih. Ciri khas telinga berwarna putih inilah yang menunjukkan bahwa ayam birma tersebut masih asli dari keturunan ayam birma liar dan bukan hasil dari kawin silang. Dengan demikian ayam birma bertelinga putih dipastikan memiliki mental baja saat bertarung dan pantang untuk menyerah.

Demikian informasi mengenai Ciri- ciri juga langkah untuk mengenali Ayam Birma yang Asli dan Super yang bisa di rangkum oleh Tim Sabung Ayam Online.

Semoga dengan pembahasan tadi bisa menambah wawasan untuk memilih ayam birma yang berkualitas super dan bukan hasil dari persilangan. Salam Sabung Ayam Online Live.