Mengenal Harga Dan Jenis Ayam Bekisar Di Indonesia

0 Comment

Mengenal Harga Dan Jenis Ayam Bekisar Di Indonesia – Pastinya sebagian besar dari pembaca sudah pernah melihat yang namanya ayam bekisar. Jenis ayam ini merupakan hasil kawin silang antara ayam hutan hijau dengan ayam kampung. Ayam hutan hijau adalah indukan jantan dan ayam kampung dijadikan indukan betinanya.

Menurut informasi yang kami terima dari agen sabung ayam, Ayam bekisar dijadikan fauna maskot dipulau jawa timur tepatnya di Kangean, Kabupaten Sumenep. Bekisar dijadikan sebagai ayam hias yang dapat dinikmati baik dari segi penampilannya maupun dari segi suara kokoknya. Suara kokokan ayam bekisar yang halus dan khas yang terdiri dari dua nada sering menggoda para pecinta ayam untuk memiliki jenis ayam hias ini.

Sementara dari segi penampilannya, ayam bekisar terkenal akan bulu yang mengkilap dan pada bagian ujung bulu leher berbentuk lonjong. Bentuk lonjong pada ujung bulu ini tidak dapat anda temukan pada ayam jantan manapun.

Pengenalan Jenis – Jenis Dan Harga Ayam Berkisar Dipasaran Indonesia

Terdapat 3 jenis ayam bekisar yang terpopuler dikalangan rakyat Indonesia. Berikut jenis ayam bekisar akan kami jabarkan dibawah ini.

Jenis ayam bekisar pertama adalah ayam bekisar Kangean. Rata – rata bobot besar jenis ayam bekisar ini adalah sebesar 1,8 kg. Ia juga memiliki kepala yang berukuran sedang dengan bentuk yang lonjong kedepan. Jenggernya berukuran sedang dan berdiri tegak serta berwarna merah.

Bagian kepala tersebut juga dihiasi dengan pial tunggal berukuran besar yang tergantung dibawah paruhnya dengan warna merah. Cuping atau telinga ayam hias yang satu ini juga sama dengan warna pial dan jenggernya. Pada bagian mata terlihat cekung kedalam. Bagian dari lehernya memiliki bulu hiasnya tipis dan panjang yang di tutupi bulu kecil, padat.

Postur tubuh jenis ayam bekisar ini tergolong kecil, dengan posisi membungkuk mem bentuk sudut 60 derajat. Tubuhnya lebih kecil dari ayam kampung namun lebih besar dari ayam hutan.

Biasanya Harga ayam bekisar Kangean dihargai mulai dari Rp.400.000 hingga Rp.1.500.000. Jika sudah pernah menang kontes harganya dapat meningkat hingga 8x atau 10x lipat.

Baca juga Informasi seputar Ayam Serama Asli Yang Populer Di Kalangan Pecinta Ayam Indonesia

Berikutnya adalah ayam bekisar Putih. Ayam bekisar putih memiliki keunikan pada warna tubuh dan bulunya.  Sesuai namanya seluruh tubuhnya diwarnai dengan warna putih mulai dari paruh hingga telapak kaki kecuali jengger, pial dan cuping. Bagian jengger, pial dan cuping atau telingga ayam bekisar ini berwarna merah. Postur tubuhnya sama dengan bekisar kangean.

Harga ayam Bekisar putih dinilai sebesar Rp.700.000 hingga sebesar Rp. 2.200.000. Sama seperti bekisar pada umumnya, harganya akan meningkat pesat jika sudah pernah menang kontes.

Selanjutnya adalah ayam bekisar hitam. Jenis yang satu ini berbeda dengan saudara – saudaranya, Ia terlahir dari hasil kawin silang antaraayam hutan hijau dengan ayam Kedu hitam. Ciri-ciri bekisar hitam adalah seluruh bagian tubuhnya dominan hitam. Posur tubuhnya tergolong lebih tinggi dari jenis ayam bekisar lain dan tegap.

Sekian informasi kami mengenai Mengenal Harga Dan Jenis Ayam Bekisar Di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda seputar dunia ayam hias.